Pages

Thursday, June 4, 2009

Jurnalistik atau Humas ?

Jurnalistik apa humas yaa?

Pertanyaan ini yang sekarang selalu ada di pikiran gue. Sebuah pertanyaan yang akhirnya harus gue jawab tanggal 8 Juni nanti. Kali ini gue bener-bener gamau main-main. Boleh gue kebetulan masuk fikom, tapi gue gamau kebetulan masuk jurnal, humas, ataupun mankom. Menurut gue semua jurusan sama dan itu yang bikin gue bingung nentuin jurusan. 70% temen-temen gue udah balikin surat pernyataannya, tapi gue kepikiran masuk jurusan mana aja enggak. Gue gamau salah langkan kali ini, ini bener-bener nentuin masa depan gue.

Kenapa jurnal? Gue pengen masuk jurnal soalnya gue bisa belajar kerja keras dari sekarang, dari dulu hidup gue gak pernah susah, apa-apa selau beres, selalu ikut apa yang gue mau. Dan kerja keras adalah sebuah tuntutan di dunia kerja nanti. Kedua gue pengen bener-bener kuliah, selama ini gue kuliah kaya ngisi waktu liburan gue di Bandung, agak bisa dibilang iseng-iseng. Tapi ada beberapa hal yang gue takutin kalo masuk jurnal, gue bisa keteteran trus gak bisa ngumpulin tugas sesuai deadline, gue emang suka nulis tapi tulisan gue lebih sering sampah dibanding bagus, yang utama adalah gue takut tepar buat nyelesaiin semua tugas-tugas. Banyak senior bilang jurnal tuh gak susah asal dibawa fun, semua pekerjaan juga gak bakalan susah kalo dibawa fun.

Kenapa humas? Soalnya gue takut gak bisa nyelesaiin tugas-tugas di jurnal. Mmm, kata bokap gue kuliah di humas tuh enggak capek, trus kerjanya jelas ada waktu-waktunya jadinya gak serabutan dan kerjanya kantoran plus pake baju rapih. Trus katanya gue bisa nerusin S2 (jurnal juga bisa). Aduhhh, kayaknya pengan masuk humas tuh pelarian gue dari jurnal.

Kenapa enggak mankom? Simple, mankom gak jelas. Hampir semua dipelajarin, itu bikin kita gak fokus ke satu titik. Foto yang bagus itu foto yang fokus sama titik tertentu.

Setelah gue tanya beberapa temen gue, ini jawaban mereka :
  • Lho harus yakin sama pilihan lo, jurusan apapun ada konsekwensinya, tapi harus lo jalanin (mashadita djusly)
  • Menurut gue lo harus pilih yang lo suka rin! Masalah keteteran urusan belakang, jadikan itu sebagai tantangan bukan hambatan. "I do what I like, I like what I do" (annisa mandala putri nasution)
Gue sekarang udh yakin 70% di jurnalistik. Bokap nyokap bilang mereka ngedukung pilihan gue, tapi mereka bilang suruh gue pikirin lagi, artinya mereka gak yakin 100% atas pilihan gue. Yang terbaik buat gue harusnya didukung 100% sama orang tua. Bokap bilang malah mankom aja. Tapi nyokap ngebolehin gue masuk jurnal, asal gue gak jadi wartawan yang dikerjar-kejar deadline, how come? Pilihan orang tua emang gak selamanya bener, tapi lebih banyak benernya dibanding salahnya.

Makin deket batas buat ngumpulin gue tambah bingung, gue makin gak yakin ama pilihan gue. Trus anehnya sekarang gue kepikiran mankom aja yang jadi pilihan pertama gue waktu masuk fikom. Oh God, what should i do?

Come on, give me a solution

4 comments:

anna ihfiana said...

iya kita lihat aja ya nin nanti tgl 8.hidup mati kita nih nin!

Rininta Fisca Wardhani said...

ah, lo mah commentnya gitu! kasih solusi dong

Marnalaman said...

sekarang udh jelas kan nin?
haha
selamat datang.

Rininta Fisca Wardhani said...

Huaaaaa baru baca ros! demi Tuhan telat banget!
Sekarang udah dapet jaket malahan.

Post a Comment